AKANKAH COMMET EFEKTIF???

February 20, 2010 at 8:14 am (Uncategorized)

Mungkin sebagian dari anda sudah perbah mendengar bahwa PT. KAI Commuter akan meluncurkan sistem ticketing baru. Sistem ini akan dilakukan secara elektronik yang diberi  istilah COMMET. COMMET merupakan singkatan dari Commuter Electronik Ticket. COMMET hanya diperuntukan bagi KRL yang termasuk dalam kelas KRL Commuter, diantaranya KRL Ekonomi AC dan KRL Pakuan Ekspres.

Beberapa hari yang lalu PT. KAI Commuter telah melakukan sosialisasi mengenai COMMET dengan cara menyebarkan selebaran yang berisisi semua hal tentang COMMET. Penulis telah membaca selabaran tersebut, disitu diterangkan bagaimana cara memproleh COMMET dan cara menggunakannya. Menurut penulis cara penggunaan COMMET masih terlalu rumit untuk diterapkan, karena dibutuhkan beberapa kali tapping pada COMMET tersebut. Pertama tapping dilakukan pada saat get in, lalu tapping juga dilakukan pada saat di atas KRL, dan terakhir dilakukan pada saat get out. Ketiga tapping tersebut harus dilakukan karena jika tidak maka pengguna dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000,-.

Melihat keadaan KRL khususnya KRL Ekonomi AC, mungkin sistem COMMET tersebut tidak akan efektif. Pada jam-jam sibuk KRL tersebut cenderung penuh sesak. Jadi bukan tidak mungkin pengguna COMMET tidak bisa melakukan tapping di atas KRL. Bila hal tersebut seringkali terjadi, pengguna bukannya mendapat kemudahan tapi malah mendapat rugi akibat saldonya terus berkurang sebesar Rp 15.000,-. Jadi akankah COMMET efektif dengan keadaan yang masih seperti sekarang ini ??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: